Kerja Bhakti Penambalan Jalan Lingkungan RT.03

Salah satu tahapan dalam kegiatan Gotong Royong Warga RT.03 saat melakukan Penambalan Jalan Lingkungan RT yang berbatasan langsung dengan beberapa RT lain seperti RT.04 dan RT.03 pada hari Ahad (21/09/2013). (Foto : Eddy Priyono)
---
RT.3 BANYUROJO - Tak kurang dua puluhan orang hadir dalam acara Kerja Bhakti Penambalan Jalan Lingkungan RT.03, Ahad (21/09.2014). Dalam kegiatan ini hadir anak-anak, remaja, hingga orang-orang yang telah berusia matang seperti Bapak Binuri (Ex. Kades Banyurojo), Bapak Sudar (Ex. Ketua RT.03), dan Bapak Eddy Priyono (Ex. Ketua RT.03), juga beberapa warga RT lain seperti Bapak Suroso atau akrab disapa Oss.

Kerja Bhakti memang bukan hal yang asing bagi warga RT.03 dimana dahulu sempat kegiatan seperti ini dilakukannya intens sebagai ajang silaturahmi untuk menjaga kearifan lokal dan perawatan lingkungan sekitar. Namun setelah perkembangan teknologi santer mewabah, dibarengi dengan kurangnya komunikasi antara warga RT dengan para pejabat RT, RW, Dusun serta Desa, kini Kerja Bhakti yang menjadi ruh Gotong Royong Warga kurang dinikmati yang berdampak terkikisnya kebersamaan antar warga dan itu tak bisa kita tutup-tutupi.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 07.30 WIB dimana undangan mengharap kehadiran warga pada pukul 7 pagi. Merujuk hasil musyawarah RT.03 lalu yang bertepatan dengan Arisan Bapak-Bapak bertempat di rumah Bapak Anwar, Jalan utama lingkungan yang berbatasan denan RT.04 dan RT.05 hari Ahad (21/09/2014) harus segera di perbaiki agar tak menjadi semakin parah seperti di beberapa daerah lain.

Dari seluruh rentang badan jalan yang direncanakan akan di perbaiki, Ahad (21/09/2014) warga baru dapat melakukan pengerjaan separuhnya dengan berbagai pertimbangan. Dan supaya hasil lebih optimal, wargapun menutup akes jalan yang telah dilakukan perbaikan sekitar 1 pekan dengan menutupnya menggunakan portal bambu dan beberapa batu usang yang ada disekitar rentang jalan tersebut.

Sekedar informasi, dana pengerjaan Penambalan Jalan Lingkungan RT.03 RW.01 diambil dari Kas RT.03 yang selanjutnya beberapa warga spontan berinisitif membantunya baik berupa uang, barang (semen, dll) atau sekedar snack, minum serta makan, dimana justru inilah bukti bahwa warga RT.03 masih peduli terhadap kondisi lingkungan serta desanya. Selanjutnya pengerjaan Penambalan Jalan akan dilaksanakan pekan depan (Ahad, 28/09/2014) dengan undangan menyusul. ***(Mas Ivan)