Masjid Al-Falah Direnovasi Tiga Tahap

SESEPUH Dusun Sekaran, Banyurojo berfoto bersama di belakang Masjid Alfalah, Rabu (27/11/13). (Foto : Sahrudin)
SEKARAN - Sejak awal Juni lalu, Masjid Alfalah di Dusun Sekaran, Banyurojo mulai dipugar. Masjid yang terletak di RT 4 RW 5 ini, sesuai rencana, bakal direhab dalam 3 tahap.

Tahap pertama renovasi meliputi bangunan utama masjid, berukuran 12 kali 12 meter. Tahap kedua, rehab bagian serambi masjid, dengan ukuran 15 kali 12 meter. Sedangkan pemugaran bangunan lain seluas 61,5 meter persegi di kompleks masjid, akan dilakukan pada tahap ketiga.

Hari Suryono, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Alfalah, mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk pemugaran masjid ini tidak kurang dari Rp 646 juta. "Sekarang sudah terkumpul Rp 100 juta lebih", kata Hari.

Pemugaran dilakukan agar nantinya masjid bisa menampung lebih banyak warga yang beribadah. Tiap bulan Ramadhan, misalnya, jamaah shalat tarawih selalu membeludak hingga keluar masjid.

Renovasi, kata Hari, juga bertujuan supaya lebih banyak kegiatan anak-anak dan remaja yang bisa digelar di kompleks masjid. Total luas kompleks masjid sekitar 560 meter persegi.

Namun, sebagaimana dituturkan Triyono Basuki, Sekretaris Takmis Masjid Alfalah, saat ini pemugaran tempat ibadah ini belum dilanjutkan. "Ada kendala teknis", kata Triyono. Kendala teknis yang dia maksud, yaitu belum adanya jawaban atas proposal yang diajukan ke Yayasan Bina Ummat di Jakarta.

Sesepuh Dusun Sekaran menceritakan, Masjid Alfalah dibangun sekitar tahun 1978. Dulunya, masjid ini hanyalah langgar bambu berbentuk panggung. Kegiatan keagamaan kala itu, dimotori oleh Mbah Prawiro, Mbah Dullah Basyir, Mbah Dullah Juki dan Mbah Ali Sastro.

Ketika langgar hendak dibangun lebih permanen, warga Dusun Sekaran gotong-royong bikin batu batu-bata. Mereka, juga ramai-ramai mengusung batu kali.*** (Reporter : Agus Kute/Pakdhe Wotok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar