Ponco Shelter, Tenda Simpel, Mudah dan Murah


Mendengar kata Ponco Shelter, banyak orang mungkin kurang begitu akrab lantaran bahasanya yang terkesan keminggris. Pun begitu, Jikalau ada dari mereka yang telah mengenalnya, ternyata banyak juga yang belum mengetahui bagaimana cara membuatnya, apa saja piranti pembuatnya dan apa saja fungsinya. Karena itu sedikit saya akan mengupas perihal Ponco Shelter dan pernak-perniknya, yang berharap semoga yang secuil ini kiranya dapat bermanfaat untuk semua pembaca, terutama bagi mereka yang mau dan menyempatkan diri untuk membaca.

Jika kita bertanya sesaat kepada simbah google dengan kata kunci yang sama “Ponco Shelter”, maka ada sekitar 15.600 hasil dalam 0,40 detik. Dimana dengan data tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa kata “Ponco Shelter” kurang begitu familier di pencarian google, lantaran lebih banyak orang yang memanfaatkan kata “tenda ponco”, terbukti dengan kata yang sama “tenda ponco” dipencarian, adaSekitar 46.100 hasil dalam 0,46 detik. Karena itulah perlu untuk kita kenalkan kepada masyarakat bahwa “Tenda Ponco dan Ponco Shelter” merupakan dua kata yang sama, dimana masing-masing memiliki pengertian yang sama dan serupa.

Pada dasarnya, Tenda Ponco atau Ponco Shelter terdiri dari dua kata yaitu Tenda atau Shelter dan Ponco. Tenda merupakansuatu tempat untuk berteduh, berlindung atau bermukim sementara. Sedangkan Ponco merupakanistilah lain dari jas hujan, dimana biasanya bentuknya segi empat, bagian tengahnya berlubang menyumbul keatas untuk kepala, sedangkan sisi-sisinya memiliki pengait untuk kancing.

Bagi para pendaki, tracker atau seorang survivor, sering berada di alam liar tentu saja diharuskan memiliki bekal lebih termasuk didalamnya ketrampilan untuk membuat Tenda Ponco atau sering juga di sapa Ponco Shelter. Adalah saat kita melawan cuaca yang kurang menentu dan sukar diprediksi misalnya. Dengan sering datangnya cuaca tak bersahabat atau bahkan cenderung ekstrim, kita diharuskan memiliki ketrampilan lebih untuk bertahan hidup, terutama untuk membuat shelter dadakan yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan sementara untuk beberapa waktu di alam liar.

Mampu membuat shelter haruslah diupayakan, karena shelter mampu melindungi kita dari perubahan cuaca yang tiba-tiba, melidungi diri dari teriknya matahari juga dinginnya malam, ataupun tatkala hujan badai datang dan tak bersahabat dengan kita. Karena itulah shelter harus dibuat senyaman mungkin, seaman mungkin dan semudah mungkin dalam waktu yang singkat.

Dan terkait shelter yang dibutuhkan para pendaki, tracker dan survivor saat bepergian dialam liar, maka ada baiknya setiap kita mengetahui cara membuat shelter dengan jas hujan atau ponco, dimana sering kita sapa dengan panggilan Tenda Ponco atau Ponco Shelter.

Nah, apa saja bahan-bahan dibutuhkan untuk membuat Tenda Ponco atau Ponco Shelter agar dapat berdaya guna ?, berikut 3 bahan utama yang biasa saya bawa ketika melakukan pendakian atau perjalanan di alam, yang dengannya tatakala dum atau tenda tak sempat kita bawa, kita masih bisa mendirikan shelter untuk bertahan hidup.

1. Jas Hujan (ponco) Type army

2. Tali

3.Pasak

Bagaimana cara membuatnya ?

Tak ada ilmu pasti dalam membuat Shelter seperti halnya pendirian dum atau tenda dengan frame utuh. Karena itulah dalam pembuatan Shelter kita hanya harus memperhatikan beberapa poin, dimana hal ini sangat signifikan mempengaruhi kenyamanan, keamanan, dan fungsi dari Shelter yang kita buat.Perhatikan beberapa hal berikut ini :
  1. Jangan membuat Shelter di tempat yang sangat memungkinkan tergenang air ( banjir ) seperti di tepi sungai. karena itulah, meskipun tempat yang kita plih terlihat bersih dan kering, jika lokasi ini berada ditepi sungai maka akan sangat berbahaya terutama saat hujan datang.
  2. Pilihlah tempat yang aman ketika berada di bawah atau didekat pohon. Usahakan dengan maksimal dalam pembuatan Shelter tidak dibawah pohon yang berdahan rapuh apalagi di bawah pohon kelapa. Tentunya lantaran hal ini sangat berbahayajika sewaktu-waktu dahan rapuh atau buah kelapa menimpa Shelter kita.
  3. Tidak memilih tempat yang dicurigai sebagai sarang binatang buas, sarang nyamuk atau serangga. tentunya lantaran hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan kita waktu beristirahat beristirahat. Misalnya di goa, di dekat genangan air, dll.
  4. Bahan pembuat Shelter harus kuat, ringan dan pengerjaannya mudah.
Dan sebagai referensi pembuatan Ponco Shelter nan simple, efisien dan mudah, berikut saya suguhkan tayangan via Youtube yang dapat dipakai untuk belajar membuat Ponco Shelter atau Tenda Ponco, dan dapat kita aransemen ulang sekehendak hati dan kemampuan kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar