PPATK Meminta Waktu Telusuri Rekam Jejak Calon Pimpinan KPK


Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengaku siap untuk membantu panitia seleksi untuk menelusuri rekam jejak para calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Ketua PPATK, Agus Santoso mengaku bahwa pihaknya memang sudah sering diminta bantuannya terkait pemilihan calon pimpinan Lembaga atau Kementerian.

"Dalam hal ada catatan terkait transaksi mencurigakan atau transaksi-transaksi tunai dalam jumlah besar (Rp500 juta ke atas), maka PPATK akan memberikan catatan bagi yang bersangkutan untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi Pansel," kata Agus, saat dihubungi wartawan, Senin 15 September 2014.

Agus menuturkan, dari beberapa pengalaman PPATK, ada orang yang meskipun telah diberi catatan, namun masih tetap diberikan jabatan strategis. Alhasil, orang tersebut tersangkut masalah hukum. Terkait pansel calon pimpinan KPK, Agus mengatakan bahwa pihaknya meminta waktu yang cukup untuk menelusuri rekam jejak para calonnya.

"Namun untuk bisa menelusuri rekam jejak transaksi keuangan, kiranya PPATK bisa diberi waktu yang cukup, misalnya dua minggu," ungkap Agus. | VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar