Ujian Kenaikan Tingkat BKC Cabang Magelang : Lari 3 Kilo, Nyebur Sungai, lalu Dijemur

SALAH satu tahapan dalam ujian kenaikan sabuk anggota BKC (Bandung Karate Club) Cabang Magelang, Minggu (3/11/13). Peserta ujian harus tengkurap selama sekitar satu jam, di halaman SDN Banyurojo I. (Foto : Sahrudin)
SENENG I - Sedikitnya 25 anggota BKC (Bandung Karate Club) Cabang Magelang, mengikuti ujian kenaikan tingkat, Minggu (3/11/13). Ujian diikuti pemegang sabuk putih (Calon), sabuk kuning (Jagabaya I), sabuk hijau (Jagabaya II), dan sabuk biru (Yudha).

Semua murid BKC Cabang Magelang memang karateka pemula, terdiri dari anak TK sampai kelas 6 Sekolah Dasar di sekitar Desa Banyurojo. Ujian kenaikan tingkat ini diadakan 6 bulan sekali, tiap April dan Oktober.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 8 pagi. Dari halaman SDN Banyurojo I di Dusun Seneng I, seluruh peserta harus berlari memasuki Kompleks Panca Arga, menempuh jarak sekitar 3 kilometer. Dengan kaki telanjang, masing-masing anggota juga kudu nyebur ke sebuah sungai kecil di kawasan itu.

Kembali ke tempat latihan di halaman SDN Banyurojo I, mereka menjalani penilaian dalam hal kihon (gerakan dasar), kata (jurus), tameshiwara (memecah papan kayu), tata gerak dan kumite atau pertarungan. Khusus untuk kumite, hanya diikuti oleh pemegang sabuk biru.

Ujian kenaikan tingkat belum selesai sampai di situ. Anak-anak kecil itu, tanpa kecuali, harus tiduran tengkurap di atas paving block, dibawah terik matahari yang menyengat. Hampir satu jam mereka bertahan dalam posisi seperti itu, demi mendapatkan sabuk tingkatan selanjutnya.

"Karate harus kuat", teriak Prabowo, pelatih BKC Cabang Magelang, yang juga seorang provost TNI.

Bocah-bocah itu tampak begitu kelelahan usai menjalani seluruh tahapan dalam ujian tersebut. Cepat sekali mereka habiskan snack dan nasi kotak bagian masing-masing. Tiap peserta BKC Cabang Magelang dikenai biaya Rp 75 ribu untuk mengikuti ujian kenaikan tingkat.

Tiap latihan, yakni 2 kali dalam seminggu, masing-masing cukup membayar seribu rupiah. Biaya seragam bervariasi menurut jenis bahannya, mulai Rp 75 ribu, berikut ongkos ganti atribut Rp 15 ribu.

Tempat latihan karate ini merupakan cabang dari Bandung Karate Club, yang berpusat di Pondok Puragabaya, Ciparay, Bandung, Jawa Barat. Perguruan ini menginduk pada PB Forki atau Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia.***(Sahrudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar