Blanko e-KTP tersedia, Mendagri optimis distribusi rampung April 2017

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjawab pertanyaan wartawan usai Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/4/2017) siang. (Foto: Rahmat/Humas Sekretariat Kabinet RI)
-----
Pada akhir maret 2017 ini Blanko e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik) sudah mulai dicetak. Sebagaimana dilangsir beritagar, sebagiannya bahkan sudah didistribusikan ke sejumlah daerah, termasuk DKI Jakarta yang menjadi daerah prioritas jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) putaran dua, 19 April 2017.

Dalam situs resmi Sekretariat Kabinet RI (Selasa, 4/4/2017), “Saya kira untuk Maret sudah kita kirim ke Jakarta lebih kurang 200 ribu yang belum punya e-KTP. Kemudian, yang April untuk luar daerah. Ya mudah-mudahan yang 4,5 juta ini, yang tertunda, kami mohon maaf, karena permasalahan yang kompleks,” kata Tjahjo.

Setelah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menandatangani pengadaan blanko e-KTP pada minggu ketiga Maret kemarin, Pencetakan-pun dilakukan dimana totalnya mencapai 7 juta lembar blanko.

Beliau juga meminta maaf atas permasalahan terkait keterlambatan pencetakan e-KTP lantaran hampir 100 pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dalam 1,5 tahun ini harus bolak-balik ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait pemeriksaan kasus korupsi e-KTP. Sehingga, secara psikis terganggu, ya, tapi secara optimalisasi bisa tercapai dengan baik.

Pun demikian, Tjahjo Kumolo optimistis jika pendistribusiannya dapat rampung pada akhir April 2017 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar