Padamnya listrik tak padamkan semangat Musyawarah bulanan warga RT.3

Jam telah menunjukkan pukul delapan malam dan satu persatu bapak-bapak dan perwakilannya hadir memenuhi ruang depan rumah Ibu Suwiryodulah untuk melaksanakan agenda rutin Musyawarah Bulanan dan Arisan warga RT.3 Banyurojo.

Sebagaimana rangkaian acara yang biasa berjalan, warga-pun satu persatu melakukan pembayaran administrasi dari mulai jimpitan sebesar Rp 4 ribu, sosial Rp. 3 ribu, hingga arisan Rp. 2 ribuan dan tabungan piknik Rp. 5 ribu/bulan boleh lebih yang direncanakan realisasinya akan dilaksanakan akhir tahun 2018 mendatang dengan tujuan yang masih menjadi PR bersama.

Pett...jelang dimulainya acara listrik-pun padam. Tak lantas bikin padam semangat musyawarah, tuan rumah dengan sigap mengambil sejumlah lilin sebagai penerangan alternatif menggantikan terangnya lampu neon yang sebelumnya menyala.

Lepas 15 menit dari jam delapan malam, dengan penerangan terbatas Putut Prasetya Aji (Sekretaris RT.3)  membuka musyawarah dengan bacaan hamdalah yang disusul sambutan tuan rumah diwakili Bapak Rohmat selaku anak Ibu Suwiryodulah.

Bermaksud menyingkat acara karena waktu molor dari agenda awal, selanjutnya Ketua RT.3 (Ivan Purnawan) diberikan kesempatan memberikan sambutan yang mana beliau menyampaikan beberapa informasi seputar kegiatan satu bulan terakhir yang ada di Desa Banyurojo, serta beberapa info lainnya seperti :

[1]. Pada hari Jum'at (3/3/2017) bertepat di Balai Dusun Seneng 1 telah dilaksanakan Musyawarah Dusun (Musdus), dengan agenda "Penyerapan Kegiatan/Program Masyarakat" yang dihadiri Tim 11 RPJMDes plus Kepala Desa Banyurojo (Iksan Maksum).

[2]. Pada hari Sabtu (4/3/2017) dan Selasa (7/3/2017) Ketua RT dan Ketua RW.1 telah melakukan rapat koordinasi penyampaian usulan program/kegiatan pembangunan yang hingga saat ini (12/3/2017) telah final.

[3]. Dari rapat koordinasi dengan RW dan RT dikarenakan kas RW.1 hingga malam dilangsungkannya rapat saldo Rp.0,- maka jimpitan atau kartu kuning dari RT yang dibayarkan tiap bulan akan diminta kembali sebagai pemasukan RW dengan besar Rp. 500,- dimana surat edaran dari RW akan segera didistribusikan ke masing-masing RT sebagai dasar dan pemberitahuan.

[4]. Terkait penertiban administrasi dan penyelenggaraan pemerintahan, kepada seluruh warga di lingkungan RT.3 Banyurojo harap mengumpulkan fotocopy kartu Keluarga (KK) terbaru.

[5]. Kepada pemilik hunian seperti kontrakan/kos agar segera mendata dan mengumpulkan data diri baik berupa fotocopy KTP, KK, kartu Pelajar atau Kartu Mahasiswa.

[6]. Kepada seluruh warga yang telah menerima SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) diharapkan segera membayar sebelum jatuh tempo (20 Juni 2017).

___

Dalam acara kali ini dibahas juga tindak lanjut dari rencana RW yang berencana akan meminta sebagian uang jimpitan RT yaitu sebesar Rp. 500,-/KK, dimana warga RT.3 sepakat dengan apa yang diputuskan RW.1 dan justru menambahnya Rp. 500,- per KK tiap bulannya, hingga  jimpitan yang dikeluarkan RT.3 senilai Rp. 1.000,- x jumlah KK hadir tiap musyawarah.

Memasuki acara lain-lain beberapa warga memberikan masukan yang positif seperti Bp. Sukiswanto yang menitipkan saran agar kedepan RW.1 bisa mengoptimalkan jasa sewa tenda sebagaimana yang pernah berjalan pada saat beliau menjabat sebagai pengelola tenda RW.1.

Merespon warga yang beberapa waktu ijin tidak dapat hadir lantaran sakit, Ketua RT.3 menyampaikan ke peserta musyawarah bagaimana jika diagendakan jenguk (besuk) Bp. Daiman karena beberapa hari ini alhamdulillah sudah terlihat berjamaah di Musholla. Tak berpikir panjang, disepakatilah oleh peserta yang hadir jika hari Senin malam (13/3/2017) waktunya ba'da isya' warga berkumpul di perempatan Bp. Sudar dikoordinir Ketua RT, sembari membawa tali asih yang besarnya telah di tentukan (Rp. 50 ribu) untuk menjenguk Bp. Daiman.

Sebelum acara ditutup, dalam suasana yang masih gelap berpenerang lilin dibacakanlah dari masing-masing seksi bahwasanya arisan Rp 2 ribuan di dapat Bp.Sukir 1, jimpitan total ada Rp.1.489.000,-, dana sosial untuk bulan Maret masuk Rp. 70 ribu, sedangkan tabungan piknik terkumpul Rp. 146 ribu. Diingatkan oleh Ketua RT, Musyawarah Bulanan dan Arisan warga RT.3 Banyurojo bulan depan (April 2017) insyaAlloh bertemat dirumah Bp. Daruntung (mas Totong).

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar